akatiga.org

06 April 2016 By In Acara

 

Sebuah kolaborasi kerja sama Akatiga Pusat Analisis Sosial sebagai lembaga penelitian sosial dengan institusi pendidikan Rumah Belajar Semi Palar. Kegiatan belajar di Semi Palar menggunakan konsep pendidikan holistik. Bukan hanya murid yang terlibat dan belajar tapi juga setiap individu yang terkait di dalamnya – orang tua, juga para guru dan seluruh anggota tim penyelenggara sekolah.

AKATIGA, sebagai lembaga yang telah melakukan penelitian di puluhan daerah di Indonesia, juga memiliki kemampuan dalam melakukan transfer pengetahuan dan keterampilan meneliti melalui kegiatan pelatihan, diskusi, atau kelompok-kelompok belajar terstruktur. Bagi AKATIGA, kegiatan transfer pengetahuan dan keterampilan seperti ini juga tidak terlepas dari misinya untuk mendorong terjadinya perubahan melalui, di antaranya, penguatan (empowerment) kelompok-kelompok masyarakat sipil. Dalam konteks ini, remaja memiliki peran yang sangat strategis karena mereka umumnya memiliki semangat, energi, dan rasa ingin tahu yang tinggi yang dapat disalurkan ke dalam kerja-kerja positif demi penguraian dan penyelesaian maslaah-masalah yang ada dan dialami masyarakat. Di samping itu, para remaja tentu saja juga merupakan generasi yang kelak akan meneruskan estafet sosial dan politik dalam memainkan peran kepemimpinan dan perubahan sosial di tengah-tengah masyarakat. 

Sebagai keberlanjutaan dari keikutsertaan adik-adik Semi Palar dalam Kuliah Umum Ben White Februari lalu, AKATIGA menyambut baik ketertarikan mereka untuk belajar mengenai dasar-dasar penelitian. Adik-adik yang tergabung dalam Kelompok Petualang Belajar ini setara kelas 1 SMA, dan mereka bisa belajar dimana saja, kapan saja. 

Mudah-mudahan AKATIGA bisa menjadi rumah belajar mereka, dan AKATIGA pun bisa belajar dari "kacamata" mereka melihat fenomena-fenomena yang mereka temukan. 

Terima kasih untuk Agni Yoga Airlangga sebagai kakak pendamping Kelompok Petualang Belajar yang telah mendorong adik-adik ini untuk belajar lebih dalam mengenai penelitian dan juga terima kasih Mba Indrasari Tjandraningsih yang sudah menjadi fasilitator adik-adik Semi Palar. 

Semoga kegiatan ini bisa berkelanjutan menjadi kegiatan-kegiatan turunan lain. 
Selamat belajar! :)

30 September 2015 By In Acara

Mengapa land reform termasuk sangat sulit di Indonesia, apa yang dapat kita pelajari dari sejarah indonesia? apa yang Indonesia dapat pelajari untuk menyelesaikan permasalahan ini? Seminar yang dilaksanakan ini mencoba meliput permasalahan mengenai polemik kepemilikan lahan di Indonesia.

Simak selengkapnya pada video dibawah ini.

 

02 Januari 2014 By In Acara

Judul : Bekasi Bergerak

Genre : Dokumenter
Durasi : 35 menit 7 detik
Sutradara : Bambang TD
Produser : Abu Mufakhir
Editor : Yuslam Fikri Anshari dan Wiranta Yudha Ginting
Publikasi : LIPS dan KoPI
Bahasa : Indonesia
Subjudul : Inggris; Indonesia
Rilis : November 2013

20 Agustus 2013 By In Acara

Bagaimana proses pembuatan kebijakan publik?  Apa sebenarnya yang dapat dilakukan di parlemen? Bagaimana memastikan hasil penelitian dapat menjadi dasar dalam penentuan kebijakan publik? Advokasi dan pendekatan seperti apa agar kebijakan yang diharapkan bisa gol di parlemen? Apakah pendekatan kepada partai politik efektif untuk memastikan sebuah kebijakan disahkan?

Beragam pertanyaan di atas menjadi dasar dari diskusi “Proses Kebijakan Publik”  yang dihelat di AKATIGA, Jumat (2/8). AKATIGA mengundang Hetifah Sjaifudian, yang terpilih menjadi anggota DPR-RI periode 2009-2014 dari Daerah Pemilihan Kalimantan Timur. Hetifah yang diusung Partai Golkar saat ini bekerja di Komisi V DPR-RI. Pemaparan Hetifah disarikan dalam tulisan di bawah ini.

20 Agustus 2013 By In Acara

 Buruh Migran, Sampai Kapan Negara Abai?

Ini adalah kisah tentang buruh migran Indonesia.

Eni Wulandari baru lulus Sekolah Menengah Pertama di Blitar, Jawa Timur, kampung halamannya. Dia mengaku sudah berusia 17 tahun, kendati di film dia digambarkan memakai seragam putih-biru. Dengan masa muda yang masih membentang panjang, Eni justru memiliki tekad kuat: ingin bekerja di Hongkong. “Saya ingin mencari masa depan secepatnya,” tukasnya cepat.

19 Agustus 2013 By In Acara

diskusi

Sebuah kota yang maju tentunya berasal dari perubahan-perubahan yang telah dilakukan dari kerja sama antara pemerintah kota, lembaga-lembaga pendukung dan juga penduduk kota itu sendiri. Dalam proses perubahan tersebut pastinya terdapat kendala-kendala sampai terwujudnya tujuan dari perubahan itu sendiri. Pada diskusi AKATIGA tanggal 17 Mei 2013, ini seorang aktivis kelompok masyarakat sipil dan juga Direktur Eksekutif dari PPK Madani, Wahidah R. Bulan, berbagi hasil disertasinya mengenai Local Reform di Kota Solo pada Era Kepemimpinan Jokowi.

19 Agustus 2013 By In Acara

 7mei2013

Berbicara tentang Indonesia dan kesejahteraan masyarakatnya memang salah satu topik yang menarik untuk digali. Karena sejak Indonesia merdeka pada tahun 1945 sampai sekarang sebagian masyarakat Indonesia masih belum merata yang bisa hidup dalam kesejahteraan. Apakah mungkin dikarenakan pemilihan orang-orang pemerintahan yang belum sesuai atau kurangnya perlindungan sosial kepada masyarakat Indonesia?

01 November 2012 By In Acara

Diskusi bulanan AKATIGA 25 Oktober lalu menghadirkan Fransisca Fitri Kurnia Sri sebagai pembicara dan Nurul Widyaningrum, Direktur Eksekutif AKATIGA, sebagai pembicara. Fransisca sendiri adalah direktur Eksekutif YAPPIKA, sebuah organisai masyarakat sipil yang melaksanakan berbagai program demi terwujudnya masyarakat sipil yang demokratis dan mandiri untuk memperjuangkan hak-haknya. Dalam diskusi yang dihadiri 22 orang dari kalangan OMS, mahasiswa, pengajar, dan masyarakat umum itu pembicara memaparkan perihal Indeks Masyarakat Sipil (IMS) yang dalam beberapa tahun terakhir ini digunakan YAPPIKA untuk mengukur tingkat kesehatan masyarakat sipil di tingkat nasional dan kabupaten di Indonesia.

13 Agustus 2012 By In Acara

Seri Laporan Diskusi 5 Kota
Gerakan Buruh dan Putusan  MK tentang Outsourcing
Diselenggarakan oleh AKATIGA  dan LIPS

Diskusi di Pekalongan, Jawa Tengah
8 Juli 2012


Pengantar

Pada 8 Juli 2012, Pusat Analisis Sosial AKATIGA bersama Lembaga Informasi Perburuhan Sedane (LIPS) mengadakan diskusi sehari di Pekalongan, dengan tajuk, Gerakan Buruh Pascaputusan MK tentang Outsourcing. Kegiatan tersebut merupakan putaran diskusi kedua, setelah diadakan di Bandung pada 29 Juni 2012. Pertemuan dihadiri oleh perwakilan serikat buruh dari Kota dan Kabupaten Pekalongan. Di hari tersebut Sekretaris Umum Dewan Pimpian Cabang Serikat Pekerja Nasional (DPC SPN) Kota Pekalongan Budhy Prathamo, Peneliti perburuhan Pusat Analisis Sosial AKATIGA Rina Herawati dan Sejarawan perburuhan Razif, menjadi narasumber. Sementara Syarif Arifin dari LIPS bertindak sebagai moderator.

13 Agustus 2012 By In Acara

Seri Laporan Diskusi 5 Kota
Gerakan Buruh dan Putusan MK tentang Outsourcing
Diselenggarakan oleh AKATIGA dan LIPS

Diskusi di Tangerang, Banten
16 Juli 2012

Pengantar
Pada 16 Juli 2012, AKATIGA - Pusat Analisis Sosial, Lembaga Informasi Perburuhan Sedane (LIPS) dan Institut Sejarah Sosial Indonesia (ISSI) mengadakan diskusi di Tangerang, dengan tema Gerakan Buruh Pascaputusan MK mengenai Outsourcing. Hadir dalam pertemuan tersebut perwakilan serikat-serikat buruh di Tangerang Raya Banten. Ini adalah putaran diskusi ketiga setelah dilaksanakan di Bandung Jawa Barat dan Pekalongan Jawa Tengah dengan tema yang sama.

Pertemuan di Tangerang Raya menghadirkan empat narasumber, yakni: Pengurus Federasi Serikat Pekerja Farmasi dan Kesehatan Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (FSP Farkes) Reformasi, Sasmita; Pengurus Serikat Pekerja Nasional Pramuji, Peneliti Senior AKATIGA Indrasari Tjandraningsih, dan Sejarawan Perburuhan Institut Sejarah Sosial Indonesia Razif, yang dimoderasi oleh Syarif Arifin dari LIPS. Kegiatan berlangsung dari pukul 12.00 WIB sampai dengan pukul 17.00 WIB.

Apa itu Akatiga?

Lembaga Pusat Penelitian Sosial yang mengkaji isu-isu sosial untuk pengentasan kemiskinan bagi kaum marginal di Indonesia.

Alamat

Jl. Tubagus Ismail II. No 2.
Bandung 40134. Jawa Barat - Indonesia.

Phone: 022 2502302
Fax: 022 2535824

E-mail: akatiga@indo.net.id

  

Berlangganan

Hasil studi, Berita dan opini di email anda

Peta

Anda disini: Acara