akatiga.org

BELAJAR BERSAMA TENTANG PENELITIAN SOSIAL UNTUK REMAJA

06 April 2016 By In Acara
Rate this item
(0 votes)

 

Sebuah kolaborasi kerja sama Akatiga Pusat Analisis Sosial sebagai lembaga penelitian sosial dengan institusi pendidikan Rumah Belajar Semi Palar. Kegiatan belajar di Semi Palar menggunakan konsep pendidikan holistik. Bukan hanya murid yang terlibat dan belajar tapi juga setiap individu yang terkait di dalamnya – orang tua, juga para guru dan seluruh anggota tim penyelenggara sekolah.

AKATIGA, sebagai lembaga yang telah melakukan penelitian di puluhan daerah di Indonesia, juga memiliki kemampuan dalam melakukan transfer pengetahuan dan keterampilan meneliti melalui kegiatan pelatihan, diskusi, atau kelompok-kelompok belajar terstruktur. Bagi AKATIGA, kegiatan transfer pengetahuan dan keterampilan seperti ini juga tidak terlepas dari misinya untuk mendorong terjadinya perubahan melalui, di antaranya, penguatan (empowerment) kelompok-kelompok masyarakat sipil. Dalam konteks ini, remaja memiliki peran yang sangat strategis karena mereka umumnya memiliki semangat, energi, dan rasa ingin tahu yang tinggi yang dapat disalurkan ke dalam kerja-kerja positif demi penguraian dan penyelesaian maslaah-masalah yang ada dan dialami masyarakat. Di samping itu, para remaja tentu saja juga merupakan generasi yang kelak akan meneruskan estafet sosial dan politik dalam memainkan peran kepemimpinan dan perubahan sosial di tengah-tengah masyarakat. 

Sebagai keberlanjutaan dari keikutsertaan adik-adik Semi Palar dalam Kuliah Umum Ben White Februari lalu, AKATIGA menyambut baik ketertarikan mereka untuk belajar mengenai dasar-dasar penelitian. Adik-adik yang tergabung dalam Kelompok Petualang Belajar ini setara kelas 1 SMA, dan mereka bisa belajar dimana saja, kapan saja. 

Mudah-mudahan AKATIGA bisa menjadi rumah belajar mereka, dan AKATIGA pun bisa belajar dari "kacamata" mereka melihat fenomena-fenomena yang mereka temukan. 

Terima kasih untuk Agni Yoga Airlangga sebagai kakak pendamping Kelompok Petualang Belajar yang telah mendorong adik-adik ini untuk belajar lebih dalam mengenai penelitian dan juga terima kasih Mba Indrasari Tjandraningsih yang sudah menjadi fasilitator adik-adik Semi Palar. 

Semoga kegiatan ini bisa berkelanjutan menjadi kegiatan-kegiatan turunan lain. 
Selamat belajar! :)

Read 945 times Last modified on Senin, 18 April 2016 09:08

Apa itu Akatiga?

Lembaga Pusat Penelitian Sosial yang mengkaji isu-isu sosial untuk pengentasan kemiskinan bagi kaum marginal di Indonesia.

Alamat

Jl. Tubagus Ismail II. No 2.
Bandung 40134. Jawa Barat - Indonesia.

Phone: 022 2502302
Fax: 022 2535824

E-mail: akatiga@indo.net.id

  

Berlangganan

Hasil studi, Berita dan opini di email anda

Peta

Anda disini: Acara BELAJAR BERSAMA TENTANG PENELITIAN SOSIAL UNTUK REMAJA