akatiga.org

Badan Pembina & Dewan Pengurus

Ketua

Satyawan Sunito, Dr.

Peneliti berlatar belakang antropologi-sosiologi. Mendalami isu sosiologi pedesaan dan memberikan perhatian besar pada isu kehutanan sosial. Mengajar di Institut Pertanian Bogor. Sangat memperhatikan perkembangan isu-isu agraria di Indonesia dan aktif dalam lingkar belajar bagi aktivis dan gerakan tani. Beberapa karya ilmiah mengenai bidang yang didalaminya telah diterbitkan dalam bahasa Indonesia maupun Inggris.

Anggota

Hetifah Sjaifudian, Ir.Ph.D

Peneliti yang memiliki latar belakang Perencanaan Kota/Wilayah serta Kebijakan Publik, namun lebih banyak mendalami isu-isu pengembangan usaha kecil, sangat peduli pada masalah reformasi governance dan penguatan kapasitas civil society. Aktif dalam berbagai jaringan, LSM dan civil organization lokal, nasional maupun internasional. Mempunyai catatan panjang penelitian dan pengorganisasian masyarakat sipil serta daftar publikasi ilmiah antara lain yang berkaitan dengan isu usaha kecil, perempuan dan peran civil society dalam local good governance.

 

Juni Thamrin, MS. Soc. Dev.

Peneliti, berlatar belakang sosiologi pedesaan. Telah berkecimpung dalam dunia NGO sejak usia muda. Mendalami isu-isu hubungan industrial dan perburuhan, pembangunan dan dinamika usaha kecil, isu pemberdayaan civil society melalui penelitian maupun pelatihan analisis sosial. Memiliki perhatian besar pada upaya penguatan civil society organization melalui kegiatan pengembangan perencanaan strategi, monitoring dan evaluasi secara partisipatif. Banyak karya ilmiahnya telah dipublikasikan berkaitan dengan isu yang didalami melalui media ilmiah dan media massa dalam dan luar negeri.

 

Sediono M.P. Tjondronegoro, Prof. Dr.

Peneliti Senior. Sangat peduli terhadap isu kemiskinan perkotaan dan pedesaan serta mempunyai komitmen besar pada upaya pemberdayan masyarakat kecil melalui peningkatan akses ke berbagai sumber daya. Konsisten melakukan kajian mendalam terhadap isu land-reform. Sebagian besar waktunya digunakan untuk kepentingan dunia akademik dan upaya-upaya pengembangan ilmu-ilmu sosial di Indonesia. Sepanjang pengabdian keilmuannya telah menduduki berbagai posisi penting di berbagai lembaga bahkan di lingkungan pergaulan internasional dan telah menghasilkan berbagai karya tulis berkaitan dengan masalah pertanahan dan pembangunan pedesaaan pada umumnya.

Gunawan Wiradi, M. Soc. Sc.

Peneliti dengan latar belakang sosiologi pedesaan. Mempunyai perhatian besar terhadap isu pedesaan serta konsisten mendalami isu land-reform. Sangat aktif dan konsisten mencermati dan terlibat dalam kajian dan aktivitas reforma agraria di Indonesia. Metodologi dan etika penelitian juga menjadi isu yang tak luput dari perhatiannya. Hasil karyanya telah banyak dipublikasikan, di antaranya berkaitan dengan isu land reform dan etika penulisan karya ilmiah.

Indrasari Tjandraningsih, MA.

Peneliti dengan latar belakang studi pembangunan, konsisten mendalami isu perburuhan dan pemberdayaan pekerja anak (termasuk perempuan) di sektor formal maupun informal. Sangat aktif dalam jaringan perburuhan nasional maupun internasional. Karya-karya ilmiah berkaitan dengan isu perburuhan yang didalaminya telah banyak diterbitkan baik dalam Indonesia maupun dalam Inggris. Sejak 2007 juga mengajar mata kuliah Hubungan Industrial di Magister Manajemen dan Fakultas Ekonomi Universitas Parahyangan, Bandung.

Maspiyati, Ir.

Pernah menjadi peneliti dengan fokus perhatian pada dinamika pengembangan usaha kecil. Beberapa karyanya telah dipublikasikan. Saat ini perhatiannya lebih terfokus pada upaya untuk memperkuat manajemen lembaga agar dapat merespons perkembangan dan aktivitas penelitian yang dilakukan AKATIGA.

 

 

 

Apa itu Akatiga?

Lembaga Pusat Penelitian Sosial yang mengkaji isu-isu sosial untuk pengentasan kemiskinan bagi kaum marginal di Indonesia.

Alamat

Jl. Tubagus Ismail II. No 2.
Bandung 40134. Jawa Barat - Indonesia.

Phone: 022 2502302
Fax: 022 2535824

E-mail: akatiga@indo.net.id

  

Berlangganan

Hasil studi, Berita dan opini di email anda

Peta

Anda disini: Badan Pembina