akatiga.org

Cara Kerja Kami

Cara Kerja Kami

AKATIGA mendorong lahirnya kebijakan yang berbasis penelitian. Hal itu dilakukan melalui kerja-kerja advokasi dan penyediaan informasi kepada para mitra AKATIGA.  Bagaimana AKATIGA bekerja, dengan siapa kami bekerja, dan apa yang diperjuangkan, diuraikan di bawah ini:

  • Memberikan input pada gerakan atau advokasi yang dilakukan kelompok masyarakat sipil. Penelitian AKATIGA bersama serikat buruh tentang upah layak (2009), digunakan oleh MPBI (aliansi serikat pekerja/ buruh terbesar paska 1998) untuk melakukan advokasi komponen hidup layak sebagai basis penentuan upah minimum dan penelitian AKATIGA mengenai praktik pasar kerja fleksibel (2010) digunakan oleh MPBI untuk melakukan advokasi pembatasan dan perlindungan buruh outsourcing.
  • Melakukan kerja penelitian bersama untuk memberikan input kepada strategi pendampingan. Sebagai contoh adalah kerjasama AKATIGA dan Asosiasi Pendamping Perempuan Usaha Kecil/ASPPUK (2001 -2007). AKATIGA dan ASPPUK bersama-sama melakukan analisis mengenai proses marjinalisasi kelompok perempuan pelaku usaha kecil dan melihat peran ASPPUK dalam membantu kelompok ini untuk melawan proses marjinalisasinya. Contoh kerjasama lain adalah penelitian bersama Koalisi Rakyat untuk Kedaulatan Pangan (KRKP) pada tahun 2004-2005 untuk melakukan penelitian dan membangun modul sistem pangan lokal.
  • Melakukan studi-studi evaluasi terhadap program-program pemberdayaan masyarakat dalam penanggulangan kemiskinan. Rekomendasi dari hasil studi evaluasi ini menjadi input bagi pemerintah pusat untuk memperbaiki strategi PNPM. Contoh dari studi ini meliputi studi evaluasi partisipasi kelompok marjinal di dalam PNPM Pedesaan (2010), evaluasi tentang kemanfaatan infrastruktur dan kelembagaan dari PNPM RESPEK di Papua dan Papua Barat (2010-2011)
  • Melakukan penelitian dan uji coba bersama kelompok masyarakat sipil dan pemerintah mengenai berbagai upaya untuk menguatkan kelompok masyarakat sipil maupun inisiatif untuk memperkuat proses partisipasi dan pengentasan kemiskinan. Sebagai contoh adalah kerjasama AKATIGA bersama pemerintah daerah dan kelompok masyarakat sipil lokal di Kebumen dan Surakarta dalam upaya memperdalam proses partisipasi perencanaan pembangunan untuk penanggulangan kemiskinan (2011-2012).

Melakukan advokasi langsung untuk mengubah peraturan pemerintah, misalnya advokasi terhadap peraturan tentang outsourcing, pada tahun 2011-2012

 

 

 

Apa itu Akatiga?

Lembaga Pusat Penelitian Sosial yang mengkaji isu-isu sosial untuk pengentasan kemiskinan bagi kaum marginal di Indonesia.

Alamat

Jl. Tubagus Ismail II. No 2.
Bandung 40134. Jawa Barat - Indonesia.

Phone: 022 2502302
Fax: 022 2535824

E-mail: akatiga@indo.net.id

  

Berlangganan

Hasil studi, Berita dan opini di email anda

Peta

Anda disini: Cara Kerja Kami