akatiga.org

BAREFOOT ENGINEER

“Sebuah Evaluasi Teknis Infrastruktur PNPM - RESPEK Dibangun oleh Program Pelatihan Barefoot Engineer Fasilitator Teknis di Papua dan Papua Barat

 

Barefoot Engineer (BE) adalah proyek untuk melatih lulusan sekolah menengah dan diploma agar menjadi fasilitator teknik PNPM di provinsi Papua dan Papua Barat, dalam meningkatkan kualitas pembangunan infrastruktur berskala kecil di tanah Papua. Proyek ini dilatarbelakangi oleh persoalan kekurangan tenaga terampil di bidang konstruksi yang dapat bekerja dalam konteks tanah Papua.

Selengkapnya...

PERAN SERTA MASYARAKAT DAN LEMBAGA PEMERINTAH KAMPUNG DALAM PERBAIKAN PELAYANAN PUBLIK DI PROVINSI PAPUA DAN PAPUA BARAT

Pada Januari 2014, AIPD (Australia Indonesia Partnership for Decentralisation) secara khusus meluncurkan Program LANDASAN Papua untuk mendukung pemerintah provinsi dan pemerintah daerah di tanah Papua untuk menguatkan peran serta masyarakat dan pemerintah kampung dalam meningkatkan pelayanan publik yang lebih baik. Lokasi Program LANDASAN Papua mencakup 90 kampung di 18 distrik yang tersebar merata di 9 kabupaten dari Provinsi Papua dan Papua Barat.

Selengkapnya...

Evaluasi Dampak Penerima Manfaat dari PNPM/RESPEK di Papua dan Papua Barat

PNPM RESPEK, adalah bagian dari program kerjasama antara pemerintah daerah (RESPEK/Rencana Strategis Pembangunan Kampung yang bersumber dari dana otonomi khusus Papua dan Papua Barat), yang dimulai tahun 2008. Pemerintah pusat (PNPM) memberikan asistensi untuk pemberdayaan masyarakat, sementara dana pemerintah daerah (propinsi) berupa pemberian dana untuk setiap kampung sebesar Rp. 100 juta.

Selengkapnya...

Teknologi dan Kesempatan Kerja Pertanian Pangan

Saat ini, pemerintah Indonesia memiliki target swasembada beras dan hal ini diturunkan ke dalam berbagai upaya dan program yang akan mendukung produksi beras.

Selengkapnya...

Studi Kesempatan Kerja dan Fleksibilisasi di Indonesia

Persoalan penciptaan kesempatan kerja dalam jumlah dan kualitas tetap menjadi tantangan bagi Indonesia. Berbagai perkembangan kebijakan politik-ekonomi di tingkat makro dan mikro yang berkaitan secara langsung maupun tidak langsung dengan kesempatan kerja membuat masalah ini menjadi semakin penting untuk dicarikan jalan keluarnya.

Selengkapnya...

Studi Usaha Kecil Menengah

Usaha Kecil dan Menengah (UKM) merupakan salah satu sektor ekonomi yang sangat penting bagi Indonesia. UKM bersama usaha mikro terbukti menjadi salah satu sektor ekonomi penyerap tenaga kerja terbanyak di Indonesia. Di tahun 2012, sebesar 97,16% tenaga kerja Indonesia terserap pada UKM dan usaha mikro (Olahan Data Kemenkop UKM, 2012). Hal ini membuktikan bahwa pengembangan UKM dan usaha mikro akan juga berdampak pada perluasan penyerapan tenaga kerja Indonesia.

Selengkapnya...

Studi Kemandirian Pangan

Indonesia, yang pernah menikmati swasembada pangan tahun 1980-an, kini menempati posisi ke-empat sebagai negara pengimpor beras terbesar di dunia. Setiap tahun, Indonesia mengimpor beras 1,5 juta ton untuk memenuhi konsumsi beras nasional. Konsumsi beras per kapita memang mengalami penurunan sejak Tahun 2008 sebesar 93,4%/kapita menjadi 87,23 kg/kapita pada Tahun 2012. Namun, jumlah itu masih tergolong tinggi dibandingkan negara lain mengingat besarnya jumlah penduduk Indonesia.

Selengkapnya...

MIXED METHOD PROCESS MONITORING AND EVALUATION OF THE FAMILY DEVELOPMENT SESSIONS (FDS) IN INDONESIA’S PKH PROGRAM

Program Keluarga Harapan (PKH) adalah Program pemberian bantuan langsung tunai dari Pemerintah Indonesia kepada rumah tangga sangat miskin dengan tujuan spesifik dalam peningkatan kondisi kesehatan dan pendidikan.

Selengkapnya...

Studi Pemetaan PKL Pedagang Kaki Lima di Kota Bandung

Studi ini awalnya bertujuan untuk melihat dinamika PKL sebagai bagian dari kegiatan ekonomi informal perkotaan dan kaitannya dengan pengorganisasian PKL serta kebijakan (tata ruang) kota, dengan mengambil lokasi Solo dan Bandung. 

Selengkapnya...

Apa itu Akatiga?

Lembaga Pusat Penelitian Sosial yang mengkaji isu-isu sosial untuk pengentasan kemiskinan bagi kaum marginal di Indonesia.

Alamat

Jl. Tubagus Ismail II. No 2.
Bandung 40134. Jawa Barat - Indonesia.

Phone: 022 2502302
Fax: 022 2535824

E-mail: akatiga@indo.net.id

  

Berlangganan

Hasil studi, Berita dan opini di email anda

Peta

Anda disini: Penelitian Galeri Penelitian