akatiga.org

Penyusunan RPJMD Pro Poor Kabupaten Bandung

Penyusunan RPJMD Pro Poor Kabupaten Bandung

Pada tahun 2007 Bapeda  Kabupaten Bandung melakukan revisi terhadap dokumen Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD). Kerjasama tiga lembaga, Bappeda, Inisiatif dan AKATIGA untuk mengawal proses penyusunan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Perubahan, dimulai pada akhir April 2007.

Gagasan melakukan perubahan RPJMD terkait dengan pemekaran wilayah Kab. Bandung menjadi dua wilayah Administratif, yaitu Kab. Bandung (Induk) dan Kabupaten Bandung Barat (KBB).

Revisi yang diinginkan adalah dengan membuat dokumen RPJMD lebih berpihak kepada kelompok miskin, sehingga berbagai program dan proyek yang dirancang oleh dinas dapat ditujukan untuk mengurangi tingkat kemiskinan di Kabupaten Bandung.  Untuk mencapai tujuan tersebut, dilakukan analisis mengenai tipologi kemiskinan Kabupaten Bandung, yaitu daerah perhutanan, perkebunan, industri. Pada tiap tipologi dilihat kelompok yang termiskin dari daerah tersebut serta penyebab-penyebab kemiskinan. Hasil analisis tersebut kemudian menjadi masukan bagi penyusunan prioritas program.


Apa itu Akatiga?

Lembaga Pusat Penelitian Sosial yang mengkaji isu-isu sosial untuk pengentasan kemiskinan bagi kaum marginal di Indonesia.

Alamat

Jl. Tubagus Ismail II. No 2.
Bandung 40134. Jawa Barat - Indonesia.

Phone: 022 2502302
Fax: 022 2535824

E-mail: akatiga@indo.net.id

  

Berlangganan

Hasil studi, Berita dan opini di email anda

Peta

Anda disini: Penelitian Galeri Penelitian Penyusunan RPJMD Pro Poor Kabupaten Bandung