akatiga.org

Studi Identitas Buruh dan Komunitas: Hubungan Sosial Buruh dalam Komunitas

Studi Identitas Buruh dan Komunitas: Hubungan Sosial Buruh dalam Komunitas

Kegiatan ini merupakan studi yang dilakukan dalam kerangka rakyat pekerja dan sekaligus dalam rangka memberikan alternatif strategi pengorganisasian bagi serikat buruh.

Studi ini awalnya ditujukan untuk melihat dan memetakan persoalan dan realita kehidupan buruh yang terkait dengan hubungan sosial buruh dalam komuniti. Penelitian yang dilakukan telah menjadi bahan diskusi di Surabaya dalam diseminasi penelitian di Ringkut Lor Surabaya berjudul €Ojo Njawil, Ojo Nyaduk: Hubungan Sosial Buruh dalam Komuniti Rungkut Lor, Surabaya”, bekerjasama dengan ISBS (Institut Solidaritas Buruh Surabaya), Surabaya pada 30 Januari 2006. Dihadiri oleh 30 peserta dari serikat buruh, tokoh desa, masyarakat di desa dan buruh sendiri. Hasil studi ini sendiri menjadi bahan selain untuk pengembangan alternatif strategi pengorganisasian SBR di Surabaya juga menjadi bahan tim peneliti dalam kerangka jaringan terutama di ABM, dan jaringan rakyat pekerja.

hasil studi ini telah diterbitkan dalam bentuk seri laporan penelitian dengan judul Main Otak Main Otot:Identitas dan Pengorganisasian Buruh di Komuniti pada tahun 2008.

Apa itu Akatiga?

Lembaga Pusat Penelitian Sosial yang mengkaji isu-isu sosial untuk pengentasan kemiskinan bagi kaum marginal di Indonesia.

Alamat

Jl. Tubagus Ismail II. No 2.
Bandung 40134. Jawa Barat - Indonesia.

Phone: 022 2502302
Fax: 022 2535824

E-mail: akatiga@indo.net.id

  

Berlangganan

Hasil studi, Berita dan opini di email anda

Peta

Anda disini: Penelitian Galeri Penelitian Studi Identitas Buruh dan Komunitas: Hubungan Sosial Buruh dalam Komunitas