akatiga.org

Studi Dampak Penghapusan Kuota terhadap Industri Tekstil dan Garmen di Indonesia

Studi Dampak Penghapusan Kuota terhadap Industri Tekstil dan Garmen di Indonesia

Studi ini bertujuan untuk memeriksa seberapa jauh penghapusan kuota ekspor produk tekstil dan garmen (ATC-Agreement on Textile and Clothing) berdampak terhadap menurunnya jumlah dan kinerja industri tekstil dan garmen Indonesia.

Hasil studi menyimpulkan bahwa penghapusan kuota tidak berdampak signifikan dibandingkan dengan persoalan-persoalan domestik yang dihadapi oleh industri ini. Kenaikan biaya produksi terutama bbm dan listrik, masalah pungutan dan buruknya infrastruktur serta membanjirnya produk tekstil dan garmen selundupan dari Cina dianggap lebih menjadi penyebab turunnya kinerja industri.

Hasil studi ini didiseminasikan dalam forum konferensi nasional di Jakarta yang diikuti oleh pengusaha, pemerintah dan buruh dan mendapat liputan luas dari media massa.

Apa itu Akatiga?

Lembaga Pusat Penelitian Sosial yang mengkaji isu-isu sosial untuk pengentasan kemiskinan bagi kaum marginal di Indonesia.

Alamat

Jl. Tubagus Ismail II. No 2.
Bandung 40134. Jawa Barat - Indonesia.

Phone: 022 2502302
Fax: 022 2535824

E-mail: akatiga@indo.net.id

  

Berlangganan

Hasil studi, Berita dan opini di email anda

Peta

Anda disini: Penelitian Galeri Penelitian Studi Dampak Penghapusan Kuota terhadap Industri Tekstil dan Garmen di Indonesia