akatiga.org

Studi Kesempatan Kerja dan Fleksibilisasi di Indonesia

Studi Kesempatan Kerja dan Fleksibilisasi di Indonesia

Persoalan penciptaan kesempatan kerja dalam jumlah dan kualitas tetap menjadi tantangan bagi Indonesia. Berbagai perkembangan kebijakan politik-ekonomi di tingkat makro dan mikro yang berkaitan secara langsung maupun tidak langsung dengan kesempatan kerja membuat masalah ini menjadi semakin penting untuk dicarikan jalan keluarnya.

 

Sepuluh tahun terakhir ditandai dengan kehadiran pasar kerja fleksibel dalam kebijakan ketenagakerjaan yang antara lain ditandai dengan meluasnya system outsourcing tenaga kerja dan hubungan kerja kontrak. Dalam konteks itu, perlu dilihat bagaimana penerapan pasar kerja fleksibel dan apa dampaknya terhadap jumlah dan mutu kesempatan kerja. Di Indonesia studi yang menggambarkan meluasnya penerapan pasar kerja fleksibel dan dampaknya terhadap penciptaan lapangan kerja masih amat sedikit. Di samping itu masalah fleksibilisasi juga masih menjadi perdebatan baik di kalangan pengambil kebijakan maupun di kalangan para aktor/pemangku kepentingan terkait.

Di sisi lain dalam sepuluh tahun terakhir di Indonesia, terjadi pergeseran kegiatan usaha dari industri manufaktur dan pertanian sebagai tulang punggung perekonomian yang beralih ke industri jasa. Saat ini, sektor jasa menjadi penyerap utama tenaga kerja Indonesia yaitu 49,6 persen dibandingkan 13,9 persen di sektor manufaktur dan 35,1 persen di sektor (BPS, 2012). Sektor jasa yang mengalami perkembangan pesat di wilayah perkotaan saat ini, diantaranya jasa keuangan, telekomunikasi, dan perdagangan (Manning, 2012). Survey Angkatan Kerja Nasional —sampai Agustus 2012— mendapatkan bahwa 20,9 persen tenaga kerja atau setara dengan 23,2 juta orang terserap di sektor perdagangan, restoran, dan hotel. Adapun 1,2 juta orang di antaranya bekerja di sektor ritel modern, dan 5 juta orang terserap di sektor telekomunikasi dan transportasi.

AKATIGA hendak memperluas pemahaman mengenai masalah kesempatan kerja di Indonesia dalam kerangka fleksibilisasi dengan melakukan studi di berbagai sektor : garmen, elektronik, otomotif, perdagangan eceran, jasa telekomunikasi dan perkebunan untuk dapat memberikan sumbangan terhadap wacana teoretis dan merumuskan implikasi hasil studi terhadap perumusan kebijakan ketenagakerjaan di Indonesia.

Saat ini AKATIGA berkolaborasi dengan Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia (FE-UI) melaksanakan riset kolaborasi  yang berjudul “Studi Kebijakan Pasar Kerja Fleksibel dan Dampaknya Terhadap Kesempatan Kerja di Indonesia” dalam skema Penelitian Unggulan Perguruan Tinggi. Penelitian ini bertujuan mengidentifikasi penerapan kebijakan pasar kerja fleksibel dan dampaknya terhadap kesempatan kerja pada sektor jasa perdagangan ritel dan penyedia jasa telekomunikasi di perkotaan. Hasil studi juga diarahkan agar dapat memberikan kontribusi terhadap wacana teoretis dan implikasi pada kebijakan negara.

 

 

 

Apa itu Akatiga?

Lembaga Pusat Penelitian Sosial yang mengkaji isu-isu sosial untuk pengentasan kemiskinan bagi kaum marginal di Indonesia.

Alamat

Jl. Tubagus Ismail II. No 2.
Bandung 40134. Jawa Barat - Indonesia.

Phone: 022 2502302
Fax: 022 2535824

E-mail: akatiga@indo.net.id

  

Berlangganan

Hasil studi, Berita dan opini di email anda

Peta

Anda disini: Penelitian Galeri Penelitian Studi Kesempatan Kerja dan Fleksibilisasi di Indonesia