akatiga.org

Evaluasi Dampak Penerima Manfaat dari PNPM/RESPEK di Papua dan Papua Barat

Evaluasi Dampak Penerima Manfaat dari PNPM/RESPEK di Papua dan Papua Barat

PNPM RESPEK, adalah bagian dari program kerjasama antara pemerintah daerah (RESPEK/Rencana Strategis Pembangunan Kampung yang bersumber dari dana otonomi khusus Papua dan Papua Barat), yang dimulai tahun 2008. Pemerintah pusat (PNPM) memberikan asistensi untuk pemberdayaan masyarakat, sementara dana pemerintah daerah (propinsi) berupa pemberian dana untuk setiap kampung sebesar Rp. 100 juta.

 

Seperti halnya PNPM Mandiri Pedesaan, PNPM RESPEK menggunakan pendekatan ‘pembangunan berbasis pemberdayaan masyarakat (Community Driven Development)’ yang menekankan partisipasi komunitas dalam pengelolaan program. Program ini menggunakan mekanisme perencanaan bertahap berdasarkan kebutuhan masyarakat (partisipasi) dan juga menekankan aspek transparansi dan akuntabilitas. Training dan asistansi diberikan oleh fasilitator untuk membangun kapasitas kelembagaan lokal.

Penelitian ini merupakan bagian dari monitoring program PNPM RESPEK. Terdapat 2 (dua) hal yang menjadi fokus dalam penelitian ini; pertama, menangkap dan menilai pengalaman penerima manfaat dalam kaitannya dengan pelaksanaan PNPM RESPEK (pengetahuan tentang program, keterlibatan dalam program dan dampak) dan kedua menangkap serta menganalisatantangan sosio-politik dan budaya dalam konteks pelaksanaan program. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan perhatian khusus pada penelaahan struktur kepemerintahan di tingkat komunitas, mekanisme pelaksanaan program dan model partisipatif dengan memperhatikan aspek gender, dan dinamika sosial-politik dan budaya masyarakat yang mempengaruhi pelaksanaan PNPM RESPEK.

Dengan menggunakan pendekatan “beneficiary assessment” (mengukur/menilai program berdasarkan penilaian penerima manfaat/komunitas dan metode etnografi, penelitian ini secara garis besar bertujuan untuk: (1) Menangkap pengalaman (beragam) penerima manfaat PNPM RESPEK dalam melaksanakan program di lokasi mereka  sekaligus berbagai tantangan budaya, social dan politik yang berpengaruh terhadap dampak, pelaksanaan dan praktek partisipatif program, (2) Memahami interaksi antara isu-isu pada konteks local dan model pelaksanaan PNPM / RESPEK, sehingga temuan dari penelitian ini diharapkan dapat memberikan sumbangan untuk perencanaan program dan fasilitasi di masa yang akan datang yang lebih sesuai dengan konteks lokal, (3). Dan lebih luas lagi, penelitian ini bertujuan untuk mengumpulkan data dan berbagai pengalaman yang mewakili keragaman latar sosial-politik dan budaya yang tidak terbatas pada program PNPM RESPEK, juga dalam konteks pemberdayaan masyarakat dan pembangunan secara umum.

Apa itu Akatiga?

Lembaga Pusat Penelitian Sosial yang mengkaji isu-isu sosial untuk pengentasan kemiskinan bagi kaum marginal di Indonesia.

Alamat

Jl. Tubagus Ismail II. No 2.
Bandung 40134. Jawa Barat - Indonesia.

Phone: 022 2502302
Fax: 022 2535824

E-mail: akatiga@indo.net.id

  

Berlangganan

Hasil studi, Berita dan opini di email anda

Peta

Anda disini: Penelitian Galeri Penelitian Evaluasi Dampak Penerima Manfaat dari PNPM/RESPEK di Papua dan Papua Barat