akatiga.org

MIXED METHOD PROCESS MONITORING AND EVALUATION OF THE FAMILY DEVELOPMENT SESSIONS (FDS) IN INDONESIA’S PKH PROGRAM

MIXED METHOD PROCESS MONITORING AND EVALUATION OF THE FAMILY DEVELOPMENT SESSIONS (FDS) IN INDONESIA’S PKH PROGRAM

Program Keluarga Harapan (PKH) adalah Program pemberian bantuan langsung tunai dari Pemerintah Indonesia kepada rumah tangga sangat miskin dengan tujuan spesifik dalam peningkatan kondisi kesehatan dan pendidikan.

Pemerintah Indonesia bekerja sama dengan Bank Dunia dan UNICEF, mengubah pertemuan rutin bulanan dari penerima manfaat PKH menjadi Pertemuan Peningkatan Kemampuan Keluarga (P2K2) dimana ibu akan mendapatkan pelatihan mengenai kemampuan hidup dengan peningkatan pola pikir positif untuk pengembangan diri dan sekitarnya untuk mampu keluar dari kemiskinan

Penelitian AKATIGA bermaksud ingin mengevaluasi keberhasilan program kegiatan P2K2 secara menyeluruh yang dilakukan pada awal dan akhir pelaksanaan. Penelitian ini menggunakan metode Evaluasi Mixed Method Process Monitoring (MMPM) yang diarahkan untuk melihat validitas dari sisi penerima manfaat. MMPM meliputi (1) observasi secara kualitatif yang menilai bagaimana proses P2K2 dikondisikan dan secara dinamis berinteraksi dengan institusi local serta kondisi sosial (2) indikator kuantitatif yang menggambarkan bagaimana penerima manfaat P2K2 memahami dan menerima materi yang disampaikan serta bisa mengukur sejauh mana pencapaian kegiatan dibandingkan dengan hasil yang diprediksi sejak awal.

Penelitian dilakukan oleh 6 orang koordinator tim dan 3 orang peneliti lapangan untuk masing-masing tim. Selama proses penggalian informasi lapangan, sebanyak 288 peserta PKH telah diteliti di 12 desa/kecamatan yaitu Jakarta Utara, Cirebon, Bangkalan, Madiun, Pasuruan, Situbondo, Tulungagung, Majalengka, Cirebon, Lamongan dan Ngawi. Selain itu, terdapat 12 dokumentasi hasil pengamatan desa, 10 wawancara dengan UPPKH di 10 Kabupaten, 12 wawancara dengan pendamping, 16 catatan FGD, 13 wawancara aktivis desa.

Apa itu Akatiga?

Lembaga Pusat Penelitian Sosial yang mengkaji isu-isu sosial untuk pengentasan kemiskinan bagi kaum marginal di Indonesia.

Alamat

Jl. Tubagus Ismail II. No 2.
Bandung 40134. Jawa Barat - Indonesia.

Phone: 022 2502302
Fax: 022 2535824

E-mail: akatiga@indo.net.id

  

Berlangganan

Hasil studi, Berita dan opini di email anda

Peta

Anda disini: Penelitian Galeri Penelitian MIXED METHOD PROCESS MONITORING AND EVALUATION OF THE FAMILY DEVELOPMENT SESSIONS (FDS) IN INDONESIA’S PKH PROGRAM