akatiga.org

Teknologi dan Kesempatan Kerja Pertanian Pangan

Teknologi dan Kesempatan Kerja Pertanian Pangan

Saat ini, pemerintah Indonesia memiliki target swasembada beras dan hal ini diturunkan ke dalam berbagai upaya dan program yang akan mendukung produksi beras.

 

Salah satu upaya yang dilakukan pemerintah adalah melakukan mekanisasi pada pertanian padi. Salah satu temuan pada penelitian Kemandirian Pangan di tahun 2013 adalah terdapat teknologi pertanian yang diterapkan di beberapa desa penelitian, berpotensi mengurangi kesempatan kerja pertanian. Oleh karena itu, sebagai kelanjutan dari penelitian tersebut, AKATIGA melakukan penelitian mengenai teknologi dan bagaimana dampaknya pada kesempatan kerja pertanian pangan. Teknologi tersebut adalah combine harvester (mesin panen yang mampu memotong serta merontokan padi) dan transplanter (mesin penanam bibit padi).

Dengan menggunakan metode kualitatif, penelitian ini lebih fokus pada memberikan gambaran, mengeksplorasi potensi, masalah, dan dampak penggunaan teknologi pada pertanian padi skala kecil. AKATIGA berpendapat bahwa pertanian skala kecil seharusnya memenuhi 4 kriteria, yaitu penyedia produksi pangan, penyedia kesempatan kerja, mendukung distribusi pendapatan yang lebih baik dan mendukung keberlanjutan lingkungan. Penggunaan teknologi yang tidak tepat guna akan menggantikan tenaga kerja terutama melihat kondisi tenaga kerja di Indonesia dan memberikan kontribusi terhadap ketimpangan distribusi pendapatan di pedesaan.

Beberapa pertanyaan yang dijawab adalah (1) Apakah penggunaan combine harvester dan transplanter pada pertanian padi skala kecil sudah tepat guna (diukur dari keuntungan dan kerugian) secara ekonomi dan sosial?, (2) Bagaimana dampak penggunaan teknologi combine harvester dan transplanter terhadap masyarakat? (3) Apakah tepat kebijakan pemerintah yang memungkinkan pemilikan/penggunaan combine harvester dan transplanter berkembang cepat?

Penelitian ini dilakukan pada tahun 2014 di delapan desa di propinsi Lampung, Jawa Tengah, Jawa Timur, dan Sulawesi Selatan. Penelitian ini menggunakan pengumpulan dokumen dan data sekunder, transek, dan wawancara mendalam kepada informan-informan kunci yang terlibat pada produksi padi dan melihat bagaimana teknologi pertanian tersebut memberikan dampak pada produksi padi.

Download Laporan
- Combine Harvester Teknologi Tidak Tepat Guna

 

Apa itu Akatiga?

Lembaga Pusat Penelitian Sosial yang mengkaji isu-isu sosial untuk pengentasan kemiskinan bagi kaum marginal di Indonesia.

Alamat

Jl. Tubagus Ismail II. No 2.
Bandung 40134. Jawa Barat - Indonesia.

Phone: 022 2502302
Fax: 022 2535824

E-mail: akatiga@indo.net.id

  

Berlangganan

Hasil studi, Berita dan opini di email anda

Peta

Anda disini: Penelitian Galeri Penelitian Teknologi dan Kesempatan Kerja Pertanian Pangan