akatiga.org

PERAN SERTA MASYARAKAT DAN LEMBAGA PEMERINTAH KAMPUNG DALAM PERBAIKAN PELAYANAN PUBLIK DI PROVINSI PAPUA DAN PAPUA BARAT

PERAN SERTA MASYARAKAT DAN LEMBAGA PEMERINTAH KAMPUNG DALAM PERBAIKAN PELAYANAN PUBLIK DI PROVINSI PAPUA DAN PAPUA BARAT

Pada Januari 2014, AIPD (Australia Indonesia Partnership for Decentralisation) secara khusus meluncurkan Program LANDASAN Papua untuk mendukung pemerintah provinsi dan pemerintah daerah di tanah Papua untuk menguatkan peran serta masyarakat dan pemerintah kampung dalam meningkatkan pelayanan publik yang lebih baik. Lokasi Program LANDASAN Papua mencakup 90 kampung di 18 distrik yang tersebar merata di 9 kabupaten dari Provinsi Papua dan Papua Barat.

AIPD perlu mengetahui kondisi penyampaian layanan publik di sektor kesehatan dan pendidikan di Tanah Papua, sebelum implementasi lebih jauh dilakukan. Untuk mengetahui kondisi dasar tersebut, AIPD bekerjasama dengan AKATIGA melakukan studi dasar (baseline study) Program LANDASAN Papua untuk menilai kondisi masyarakat (laki-laki dan perempuan) dan lembaga pemerintah kampung dalam perbaikan pelayanan publik di Provinsi Papua dan Papua Barat pada akhir tahun 2013.

Studi dasar LANDASAN Papua ini bertujuan untuk mengeksplorasi ketersediaan, akses, dan kualitas penyampaian layanan publik dalam bidang kesehatan dan pendidikan pada akhir tahun 2013 di Provinsi Papua dan Papua Barat. Secara khusus, studi dasar ini akan mengukur dan mendokumentasikan kualitas partisipasi, akuntabilitas, transparansi, dan kepuasan penerima manfaat terhadap layanan Sekolah Dasar (SD), Puskesmas dan turunannya, serta kantor kampung.

Lebih lanjut, studi ini dapat melihat proses Landasan Papua dari segi (1) Perencanaan dan penganggaran di unit layanan kesehatan dan pendidikan serta kantor kampung (2) Akuntabel dan transparannya dokumen perencanaan dan penganggarandi unit layanan kesehatan dan pendidikan serta kantor kampung (3) Kepuasan masyarakat dengan kegiatan perencanaan, penganggaran, realisasi anggaran serta pelaporan dan pertanggungjawaban realisasi anggaran di unit layanan kesehatan dan pendidikan serta kantor kampung (4) Aksesibilitas dan kualitas unit layanan kesehatan dan pendidikan serta kantor kampung dan (5) Kepuasan anggota masyarakat terhadap penyampaian layanan kesehatan dan pendidikan serta kantor kampung.

Studi ini menggunakan mixed methods yang menggabungkan metode kuantitatif dan metode kualitatif yang dilaksanakan di empat (4) kabupaten,  yaitu Kabupaten Jayapura, Kabupaten Sarmi, Kabupaten Teluk Wondama, dan Kabupaten Fakfak. 

Laporan penelitian

 

 

 

Apa itu Akatiga?

Lembaga Pusat Penelitian Sosial yang mengkaji isu-isu sosial untuk pengentasan kemiskinan bagi kaum marginal di Indonesia.

Alamat

Jl. Tubagus Ismail II. No 2.
Bandung 40134. Jawa Barat - Indonesia.

Phone: 022 2502302
Fax: 022 2535824

E-mail: akatiga@indo.net.id

  

Berlangganan

Hasil studi, Berita dan opini di email anda

Peta

Anda disini: Penelitian Galeri Penelitian PERAN SERTA MASYARAKAT DAN LEMBAGA PEMERINTAH KAMPUNG DALAM PERBAIKAN PELAYANAN PUBLIK DI PROVINSI PAPUA DAN PAPUA BARAT