akatiga.org

BAREFOOT ENGINEER

BAREFOOT ENGINEER

“Sebuah Evaluasi Teknis Infrastruktur PNPM - RESPEK Dibangun oleh Program Pelatihan Barefoot Engineer Fasilitator Teknis di Papua dan Papua Barat

 

Barefoot Engineer (BE) adalah proyek untuk melatih lulusan sekolah menengah dan diploma agar menjadi fasilitator teknik PNPM di provinsi Papua dan Papua Barat, dalam meningkatkan kualitas pembangunan infrastruktur berskala kecil di tanah Papua. Proyek ini dilatarbelakangi oleh persoalan kekurangan tenaga terampil di bidang konstruksi yang dapat bekerja dalam konteks tanah Papua.

Barefoot Engineer memberikan pelatihan secara intensif selama 6 bulan kepada peserta yang telah mendaftarkan diri untuk menjadi fasilitator teknik. Pelatihan ini meliputi pelatihan dasar teknis sipil, mekanik, konstruksi, perencanaan dan penganggaran, serta pelatihan fasilitasi. Sampai dengan tahun 2013, proyek Barefoot Engineer telah menyelesaikan 3 putaran. Dari dua putaran, terdapat 334 lulusan dan 80 – 110 dari mereka adalah fasilitator teknik pada PNPM/RESPEK di Papua dan Papua Barat.

Studi evaluasi yang dilakukan AKATIGA bertujuan untuk menilai pencapaian lulusan BE putaran III. Penilaian ini dilakukan melalui penelaahan terhadap infrastruktur PNPM Pedesaan, dan RESPEK yang terbangun, pengoperasian dan pemeliharaan, dan proses pemilihan/penentuan infrastruktur. Studi evaluasi ini juga akan membandingkan infrastruktur terbangun yang difasilitasi lulusan BE III, non BE III, dan infrastruktur terbangun yang tidak terdapat fasilitatornya. Rangkaian studi evaluasi ini dilaksanakan pada September – Desember 2014.

Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pengumpulan informasi  melalui 3 tahap yaitu, observasi, wawancara dengan informan kunci dan kelompok masyarakat. Selain itu, untuk mendukung data primer yang diperoleh dari hasil observasi dan wawancara, penelitian ini juga mengumpulkan data sekunder berupa dokumen perencanaan (termasuk desain), penganggaran, dan pelaporan kegiatan (musyawarah perencanaan sampai serah terima) terkait dengan infrastruktur terbangun.

Evaluasi dilakukan di 6 kabupaten di Provinsi Papua dan Papua Barat, yaitu Sorong, Fak Fak, Mimika, Tolikara, Jayawijaya, dan Jayapura. Penelitian ini terdiri dari 6 tim yang melakukan penelitian lapangan di setiap kabupaten. Tim  terdiri dari 18 peneliti dan 18 asisten lokal, yang membantu membangun hubungan dengan masyarakat.

 

Apa itu Akatiga?

Lembaga Pusat Penelitian Sosial yang mengkaji isu-isu sosial untuk pengentasan kemiskinan bagi kaum marginal di Indonesia.

Alamat

Jl. Tubagus Ismail II. No 2.
Bandung 40134. Jawa Barat - Indonesia.

Phone: 022 2502302
Fax: 022 2535824

E-mail: akatiga@indo.net.id

  

Berlangganan

Hasil studi, Berita dan opini di email anda

Peta

Anda disini: Penelitian Galeri Penelitian BAREFOOT ENGINEER