akatiga.org

Juni Thamrin

Juni Thamrin

Peneliti, berlatar belakang sosiologi pedesaan. Telah berkecimpung dalam dunia NGO sejak usia muda. Mendalami isu-isu hubungan industrial dan perburuhan, pembangunan dan dinamika usaha kecil, isu pemberdayaan civil society melalui penelitian maupun pelatihan analisis sosial. Memiliki perhatian besar pada upaya penguatan civil society organization melalui kegiatan pengembangan perencanaan strategi, monitoring dan evaluasi secara partisipatif. Banyak karya ilmiahnya telah dipublikasikan berkaitan dengan isu yang didalami melalui media ilmiah dan media massa dalam dan luar negeri.

Perlindungan sosial adalah paket kebijakan negara yang harus mencakup seluruh warga negara sejak berada dalam kandungan hingga meninggal. Sebagai bagian dari kebijakan, perlindungan sosial harus diorganisir oleh negara. Pada kasus negara maju, perlindungan sosial dijamin sejak ibu hamil dan bayi dalam kandungan karena negara ingin memastikan lahirnya generasi yang lebih baik.

Perlindungan sosial adalah hak warga negara. Atas dasar itulah, warga berhak menagih dan meminta pertanggungjawaban penyelenggara negara bilamana hak ini tidak dipenuhi.  Untuk menagih hak atas perlindungan sosial, warga dapat melihatnya dari tiga sisi, yakni sisi akses, kuantitas, dan kualitas. Pada kasus pelayanan kesehatan maka bisa dijabarkan misalnya sebagai berikut: apakah warga negara bisa mengakses layanan rumah sakit, apakah layanan yang ada cukup untuk memenuhi kebutuhan warga, dan apakah layanan yang ada berkualitas. Ketiga sisi ini dapat tercermin dalam anggaran negara. Anggaran negara tak lain adalah pertanggungjawaban penyelenggara negara untuk menjamin perlindungan sosial dari sisi akses, kuantitas, dan kualitas.

Apa itu Akatiga?

Lembaga Pusat Penelitian Sosial yang mengkaji isu-isu sosial untuk pengentasan kemiskinan bagi kaum marginal di Indonesia.

Alamat

Jl. Tubagus Ismail II. No 2.
Bandung 40134. Jawa Barat - Indonesia.

Phone: 022 2502302
Fax: 022 2535824

E-mail: akatiga@indo.net.id

  

Berlangganan

Hasil studi, Berita dan opini di email anda

Peta

Anda disini: Publikasi Artikel Juni Thamrin