akatiga.org

Tantangan Berinovasi di Era Globalisasi

Penulis/ Editor: Yayasan AKATIGA

Jumlah halaman: 54

Tahun terbit: 2012

 

Deskripsi:

Buku ini membahas mengenai kebijakan desentralisasi yang dilakukan oleh lima kepala daerah yang dikatakan sukses dalam menggunakan anggaran yang tidak terlalu besar untuk mengurangi kemiskinan serta menyediakan pelayanan bagi rakyat kebanyakan secara memadai. Lima derah tersebut diantaranya Kota Surakarta, Kabupaten Kebumen, Kota Banda Aceh, Kota Parepare, dan Kabupaten Lombok Utara yang memiliki keunikan masing masih dalam mencapai keberhasilan tersebut. Buku ini menggambarkan daerah daerah sukses tersebut mampu meningkatkan pengembangan ekonomi lokal yang berpihak pada kelompok miskin.

Diskriminatif dan Eksploitatif

Penulis/ Editor: Yayasan AKATIGA

Jumlah halaman: 96

Tahun terbit: 2010

 

Deskripsi:

Praktek kerja kontrak dan outsourcing buruh mulai muncul dan terus meluas sejak UU 13/2003 diberlakukan. Labour Market yang merupakan wujud dari konsep Labour Market Flexibility atau LMF yang diperlukan untuk melemaskan kekakuan peraturan ketenagakerjaan melalui kemudahan merekrut dan memecat buruh secara umum telah menguntungkan perusahaan akan tetapi dengan harga yang harus dibayar dengan memburuknya kesempatan kerja, kondisi kerja dan kesejahteraan buruh sekaligus. Hasil penelitian yang ditulis dalam buku ini menemukan berbagai pelanggaran terhadap UU dan peraturan-peraturan yang terkait dan terhadap lima konvensi ILO tentang hak dasar buruh: kebebasan berserikat, perundingan kolektif, persamaan renumerasi, perlindungan kekerasan dan anti diskriminasi. Penelitian ini mengungkapkan praktek pembedaan hak-hak buruh kontrak dan outsourcing dari buruh tetap, meskipun mereka melakukan jenis pekerjaan yang sama, dengan jam kerja yang sama dan di tempat kerja yang sama. Kondisi semacam itu menunjukkan bahwa kebijakan LMF atau pasar kerja fleksibel dalam konteks kondisi pasar tenaga kerja di Indonesia dan lemahnya penegakan hukum, perlu ditinjau ulang.  

Menuju Upah Layak

Penulis/ Editor: Yayasan AKATIGA

Jumlah halaman: 92

Tahun terbit: 2009

 

Deskripsi:

Persoalan upah minimum buruh di Indonesia belum selesai diperdebatkan. Inti perdebatan terletak pada ketidakcukupannya untuk memenuhi kebutuhan hidup di sisi buruh dan kenaikannya setiap tahun yang memberatkan di sisi pengusaha. Salah satu gagasan untuk mencari jalan keluar dari perdebatan ini ini adalah dilontarkannya konsep upah layak. Konsep upah layak di tingkat internasional digagas oleh ITGLWF Serikat Internasional untuk Pekerja Tekstil garmen dan Kulit yang disebarluaskan kepada afiliasinya di tingkat regional dan nasional.

Reformasi Agraria Perjalanan yang Belum Berakhir

Penulis/ Editor: Gunawan Wiradi

Jumlah halaman: 233

Terbit: KPA - SAINS - AKATIGA, Oktober 2009

 

Deskripsi:

Buku ini hadir untuk menggedor nurani kita semua mengenai betapa politik dn kebijakan agraria di Indonesia selama ini (baik di maa kolonial maupun kemerdekaan) yang tlah menimbulkan tragedi sosial yang amat kejam: terseingkirnya petani dari tanahnya untuk digiring menjadi buruh industri yang murah.

Selengkapnya...

Rp 60,000.00
Quantity:

Kapitalisasi dalam Penghidupan Perdesaan

 

Penulis/ Editor: Dede Mulyanto, Deni Mukbar, Maria Endah, Putut

Jumlah halaman: vi + 416

Tahun terbit: April 2009

 

Deskripsi:

Desa sebagai satu satuan wilayah administrasi terkecil maupun sebagai satu unit wilayah tempat tinggal sekelompok orang terus mengalami perubahan yang sangat pesat melalui berbagai intervensi kebijakan dan program yang dilakukan oleh Negara, lembaga donor maupun LSM atau ornop. Tetapi  berbagai intervensi tersebut melihat desa sebagai objek perubahan.

Selengkapnya...

Rp 65,000.00
Quantity:

Etika penulisan karya ilmiah

Penulis : Gunawan Wiradi
Jumlah halaman : xiv + 108
Terbit : Maret 2009 (Cetakan Ketiga)

Sejauh ini, perhatian terhadap masalah etika penulisan karya ilmiah masih terasa sangat kurang. Selama ini telah banyak sekali terjadi kasus-kasus pelanggaran etika penulisan karya ilmiah, baik yang disengaja maupun yang tidak disengaja. Buku ini mengangkat dua prinsip sangat mendasar dalam etika menulis, yaitu prinsip penghormatan dan prinsip pengakuan. Selain itu, buku ini juga mengangkat masalah plagiarisme, jenis-jenis plagiarisme, serta bagaimana cara menghindarinya. Buku ini juga dilengkapi dengan Panduan Mempersiapkan Tulisan Ilmiah yang terutama ditujukan bagi para pemula dan diharapkan dapat membantu mereka dalam proses menulis.

Negara Agraris Ingkari Agraria

Penulis : Prof. Dr. Sediono M.P Tjondronegoro
Jumlah halaman : xiv + 587
Terbit : April 2008

Indonesia memiliki Undang-Undang Pokok Agraria yang telah berusia 40 tahun, sebuah pengakuan akan pentingnya sektor Agraria di negeri ini. Namun persoalan kemiskinan di pedesaan dan persoalan agraria masih merupakan persoalan yang tak kunjung habis, bahkan ketika rezim pemerintahan berganti.

Selengkapnya...

Rp 85,000.00
Quantity:

Buruh vs Investasi Mendorong Peraturan Perburuhan yang Adil di Indonesia

Penulis: Indrasari Tjandraningsih, Hari Nugroho, Surya Tjandra
Jumlah halaman : xxxvi + 123
Terbit : Januari 2008

Buku ini merupakan hasil penelitian mengenai dampak liberalisasi dan desentralisasi terhadap hubungan dan peraturan perburuhan di Indonesia. Penelitian itu sendiri berangkat dari kerisauan terhadap situasi perburuhan di Indonesia yang diwarnai oleh keluarnya paket hukum perburuhan yang melegalkan praktek fleksibilisasi hubungan kerja dan outsourcing yang tidak dilengkapi dengan sistem hukum yang melindungi buruh.

Selengkapnya...

Rp 50,000.00
Quantity:

Konflik Keseharian di Pedesaan Jawa

Penulis: Sadikin dan Sofwan Samandawai
Jumlah halaman : xivi + 146
Terbit : Oktober 2007

Tema utama dalam penelitian ini adalah konflik keseharian masyarakat pedesaan dalam hubungan agraria. Pilihan tema tersebut merupakan tanggapan atas munculnya minat dan perhatian ornop terhadap persoalan agrarian dan kemiskinan pedesaan. Perhatian terhadap kedua isu tersebut tidak hanya mewujud dalam bentuk penelitian dan kajian kritis tentang pedesaan, tetapi juga berkembang menjadi gerakan social dengan tema yang beragam mulai dari reforma agraria, kedaulatan pangan  hingga revitalisasi adat. Buku ini menyajikan bahan pemikiran kembali terhadap asumsi-asumsi yang mendasari munculnya perlawanan petani dan terjadinya konflik agraria. Salah satu argumen utama dalam buku ini adalah bahwa konflik agraria tidak bisa disederhanakan sebagai gejala perlawanan yang didasari oleh adanya ikatan yang kuat antara masyarakat desa dengan tanah.

Rp 40,000.00
Quantity:

Apa itu Akatiga?

Lembaga Pusat Penelitian Sosial yang mengkaji isu-isu sosial untuk pengentasan kemiskinan bagi kaum marginal di Indonesia.

Alamat

Jl. Tubagus Ismail II. No 2.
Bandung 40134. Jawa Barat - Indonesia.

Phone: 022 2502302
Fax: 022 2535824

E-mail: akatiga@indo.net.id

  

Berlangganan

Hasil studi, Berita dan opini di email anda

Peta

Anda disini: Publikasi Buku