akatiga.org

Negara Agraris Ingkari Agraria

Negara Agraris Ingkari Agraria

Penulis : Prof. Dr. Sediono M.P Tjondronegoro
Jumlah halaman : xiv + 587
Terbit : April 2008

Indonesia memiliki Undang-Undang Pokok Agraria yang telah berusia 40 tahun, sebuah pengakuan akan pentingnya sektor Agraria di negeri ini. Namun persoalan kemiskinan di pedesaan dan persoalan agraria masih merupakan persoalan yang tak kunjung habis, bahkan ketika rezim pemerintahan berganti.

Banyak elite bangsa -termasuk cendikiawan dan kaum profesional- tidak lagi menaruh perhatian pada masalah agraria. Lapisan ini tidak lagi memberi perhatian karena beranggapan bahwa tinggal landas dan pertumbuhan ekonomi bisa diwujudkan tanpa pengaturan agraria yang rapi. Anggapan demikian bisa jadi benar adanya apabila bangsa ini tidak terdiri atas puluhan juta petani kecil dan lapisan rakyat lain yang ketergantungannya pada sektor pertanian masih sangat besar. Buku Negara Agraris Ingkari Agraria ini merupakan kumpulan makalah yang ditulis Prof. Dr. Sediono M.P Tjondronegoro, yang disusun sebagai bagian dari peringatan ulang tahun ke-80 beliau yang jatuh pada tanggal 4 April 2008. Artikelyang terangkum dalam buku ini merupakan artikel-artikel yang ditulis dalam rentang waktu sekitar 1996 hingga tahun 2007. Penerbitan buku ini bukan hanya merupakan bentuk kecil penghormatan kami atas kepedulian beliau dalam persoalan pedesaan dan agraria selama puluhan tahun.

Rp 85,000.00
Quantity:

Apa itu Akatiga?

Lembaga Pusat Penelitian Sosial yang mengkaji isu-isu sosial untuk pengentasan kemiskinan bagi kaum marginal di Indonesia.

Alamat

Jl. Tubagus Ismail II. No 2.
Bandung 40134. Jawa Barat - Indonesia.

Phone: 022 2502302
Fax: 022 2535824

E-mail: akatiga@indo.net.id

  

Berlangganan

Hasil studi, Berita dan opini di email anda

Peta

Anda disini: Publikasi Buku Negara Agraris Ingkari Agraria