akatiga.org

Buruh vs Investasi Mendorong Peraturan Perburuhan yang Adil di Indonesia

Buruh vs Investasi Mendorong Peraturan Perburuhan yang Adil di Indonesia

Penulis: Indrasari Tjandraningsih, Hari Nugroho, Surya Tjandra
Jumlah halaman : xxxvi + 123
Terbit : Januari 2008

Buku ini merupakan hasil penelitian mengenai dampak liberalisasi dan desentralisasi terhadap hubungan dan peraturan perburuhan di Indonesia. Penelitian itu sendiri berangkat dari kerisauan terhadap situasi perburuhan di Indonesia yang diwarnai oleh keluarnya paket hukum perburuhan yang melegalkan praktek fleksibilisasi hubungan kerja dan outsourcing yang tidak dilengkapi dengan sistem hukum yang melindungi buruh.

Situasi tersebut menciptakan ketegangan di antara pendukung sistem kerja fleksibel sebagai perwujudan dari kebijakan Pasar Kerja Fleksibel atau Labour Market Flexibility yang notabene adalah kaum pengusaha dan penentang kebijakan tersebut, dengan kepentingan masing-masing. Diletakkan dalam konteks pertentangan tersebut, buku ini akan memberikan jawaban berdasarkan fakta dan bukti empiris apakah buruh dan investasi harus selalu diletakkan dalam posisi yang saling bertentangan. Melalui penelitian di 8 perusahaan Eropa yang beroperasi di Tangerang, Banten dan Pasuruan,Jawa Timur, buku ini memperlihatkan bagaimana liberalisasi dan desentralisasi berdampak terhadap dinamika hubungan antara investasi dan masalah perburuhan di sektor riil, serta terhadap peraturan perburuhan di Indonesia.

Rp 50,000.00
Quantity:

Apa itu Akatiga?

Lembaga Pusat Penelitian Sosial yang mengkaji isu-isu sosial untuk pengentasan kemiskinan bagi kaum marginal di Indonesia.

Alamat

Jl. Tubagus Ismail II. No 2.
Bandung 40134. Jawa Barat - Indonesia.

Phone: 022 2502302
Fax: 022 2535824

E-mail: akatiga@indo.net.id

  

Berlangganan

Hasil studi, Berita dan opini di email anda

Peta

Anda disini: Publikasi Buku Buruh vs Investasi Mendorong Peraturan Perburuhan yang Adil di Indonesia