akatiga.org

Volume 15 No. 2

Volume 15 No. 2

 

Tema: Migrasi Internasional
Penulis: Muryanti, R. Valentina, Ratih Dewayanti
Jumlah halaman : 136
Terbit : Desember 2010

Migrasi merupakan fenomena yang tak terhindarkan yang terjadi di setiap negara. Migrasi pada intinya merupakan perpindahan penduduk dari satu tempat ke tempat lain untuk mencari penghidupan

yang lebih baik dari sisi ekonomi. Migrasi juga bukan hal baru, dan dilakukan dengan berbagai macam pola, penyebab, aktor yang terlibat, serta dampaknya. Munculnya migrasi dari desa diakibatkan oleh masalah agraria di pedesaan seperti tekanan penduduk, masalah penguasaan tanah, dan komersialisasi pertanian. Semua itu menekan kelompok miskin di pedesaan (petani yang hampir tidak memiliki tanah dan tunakisma) sehingga tidak memungkinkan lagi untuk menyerap tenaga kerja pedesaan di sektor pertanian.

Migrasi merupakan fenomena tak terhindarkan di setiap negara. Jurnal edisi ini melihat fenomena migrasi dalam perspektif yang lebih luas, yaitu migrasi internasional sebagai sebuah proses sosial dan tidak melulu proses ekonomi. Keputusan bermigrasi, oleh karena itu, tidak semata dipengaruhi pertimbangan ekonomi, melainkan juga gender, kelas, etnisitas, serta perubahan struktur sosial ekonomi di pedesaan. Jurnal ini sekaligus melihat kembali tentang perubahan di desa yang menjadi pendorong warga menjadi buruh migran.

Editorial

Migrasi Internasional: Realita dan Perubahan Kesejahteraan

Bahasan Utama

  • Social security di Desa Sebagai Penopang Pekerjaan Buruh Migran Perempuan (Studi di Desa Tempuran Duwur, Kecamatan Sapuran, Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah)
  • Perlindungan Pekerja Migran, HAM, dan Gender
  • Penguasaan Tanah, Migrasi Internasional, dan Perubahan Pedesaan
  • Migrasi Internasional, Remitansi, dan Perubahan Agraria
  • Buruh Migran Perempuan Melawan Negara dan Pasar dengan  Remitansi Sosial
Rp 43,000.00
Quantity:

Apa itu Akatiga?

Lembaga Pusat Penelitian Sosial yang mengkaji isu-isu sosial untuk pengentasan kemiskinan bagi kaum marginal di Indonesia.

Alamat

Jl. Tubagus Ismail II. No 2.
Bandung 40134. Jawa Barat - Indonesia.

Phone: 022 2502302
Fax: 022 2535824

E-mail: akatiga@indo.net.id

  

Berlangganan

Hasil studi, Berita dan opini di email anda

Peta

Anda disini: Publikasi Jurnal Analisis Sosial Volume 15 No. 2